Video
2

Terus Standup ?

Pertama kali mengenal standup comedy itu duluuuuuu banget,
saya mungkin masih belia mengenyang bangku tsanawiyah (Setara dengan SMP). suatu sore di bulan idul fitri saya melihat seorang berdiri di depan ngomong sendiri dan orang-orang tertawa,
waktu itu saya mengira acara itu acara umat nasrani yang sering kita lihat di televisi pada hari minggu, yaitu acara dimana orang berdiri dipanggung semangat sekali, dia memejamkan mata dan berteriak”SIAPA YANG SAMPAI GARIS AKHIR, ANGKAT TANGANMU…!! ALLAH AKAN BERSAMA KITA SEMUA”, dan semua orang menangis.

GEORGE CARLIN nama yang tertulis di acara itu, dan baru ngeh  ternyata dia komedian hebat.
karena menggunakan bahasa inggris, dan saya kurang memahami waktu itu,  sehingga tidak beberapa lama saya mengganti acara ke srimulat, “lucuan srimulat batinku”

dan ditahun 2011 saya menemukan video di youtube sama persis tujuanya membuat orang ketawa, hanya saja dengan panggung yang lebih kecil. ada radityadika , pandji pragiwaksono, ryan adriandi. dan mulailah saya openmic.

pertama kali openmic saya di yogyakarta, #selososelo, kacau parah, ngeboom(baca : garing), kemudian diikuti kekacauan yang lain di purwokerto. saya hanya bermodal PEDE. tanpa persiapan materi yang oke. alhasil saya selalu pulang dengan tangisan.

di september tahun 2015, saya memutuskan berhenti dari standup comedy.
padahal  waktu itu banyak yang ingin saya standup  dengan DIBAYAR. tetapi saya merasa ini bukan dunia saya. saya merasa standup comedy juga menghambat kuliah saya.

ketika itu mulailah timbul rasa “tidak bernafsu” untuk berdiri diatas panggung, bulan itu juga tiba tiba ada lomba standup comedy, acara yang diselenggarakan oleh polres banjarnegara saya menempati urutan pertama. itu adalah piala pertama saya. tetapi saya masih tidak begitu bersemangat… malas sekali.

dari panggung ke panggung, setiap dua minggu openmic dan banyak yang mendorong saya untuk ikut audisi-audisi yang diadakan di televisi, tetapi saya selalu berfikir BUAT APA. 

bulan-bulan selanjutnya saya selalu menolak tawaran untuk standup, alasan saya “saya mau berhenti”, padahal waktu itu sedang hangat-hangatnya berita audisi untuk acara standup comedy season 6 yang diadakan kompas tv. dengan ISENG sayapun berangkat audisi di kota semarang.

saya berkata dalam hati, sebuah janji bahwa “jika saya dapet golden tiket, saya akan terus standup”. saya kira saya tidak mungkin mendapatkan golden tiket, karena saya orang di daerah yang jarang keluar untuk openmic di kota lain, masa si bisa dapet.

di hadapan kemal pahlevi, david nurbianto, dan indro warkop saya tampil selama tiga menit. dan saya mendapatkan golden tiket.

dan saya masih terus standup comedy dan menulis walaupun sering tidak lucunya. maafkan saya, saya hanya menempati janji.

2 thoughts on “Terus Standup ?

  1. Saya kira udah jadi semacam passion, atau bisa dibilang punya bakat. Tapi ternyata hanya sekedar “menepati janji”?

Tinggalkan Balasan

