Opsi Queue Mikrotik


Target upload
: adalah kecepatan maksimal yang kita inginkan untuk berikan untuk client tersebut untuk bisa mengirim data ke luar network (UPLOAD)

Burst adalah kondisi khusus yang ingin kita berikan kepada client tersebut dimana pada kondisi tertentu dia bisa melampaui batas yang sudah kita berikan pada Target Upload ataupun target Download. Burst adalah bandwidth extra yang kita berikan kepada client.

Burst threshold adalah batas control pada sistem burst. Biasanya threshold adalah angka bandwidth yang akan menjadi rata-rata pemakaian jika pengguna akses terus menerus menghabiskan bandwidth yang tersedia. Bagian ini agak rumit untuk diterangkan di tulisan, tapi akan lebih mudah dimengerti dalam implementasi di lapangan.

Burst limit adalah batas atas burst yang kita berikan sebagai batas tertinggi client bisa mendapat bandwidth

Burst Time : adalah waktu burst yang diizinkan. Konsep burst adalah client boleh menggunakan angka bandwidth yang tersedia di burst limit selama sekian detik yang ditentukan oleh burst time. Setelah sekian detik itu, maka limit akan dikembalikan kepada bandwidth yang sebenarnya. Kurang lebih aturannya begitu walaupun mungkin tidak 100% seperti itu.

Time adalah saat dimana kita ingin shaper ini difungsikan. Diluar jam/hari yang ditentukan, shaper ini tidak akan berfungsi. Hal ini berguna untuk mengatur misalnya : selama jam kerja, shaper dibuat ketat, namun diluar jam kerja, shaper menjadi tidak ada.

Target address adalah IP address yang ingin kita shaper misalnya : 192.168.0.2. Kita tidak boleh menuliskan subnet /24 atau /29 jika kita hanya ingin menshaper 1 IP saja. Jika beberapa IP yang tidak berada dalam satu subnet kita bisa menekan tanda panah ke bawah disisi kanan Target Address untuk mendapatkan baris kedua IP Address.

Target download : adalah kecepatan maksimal yang kita inginkan untuk berikan ke client tersebut untuk bisa menerima atau mendownload data ke komputernya

2 thoughts on “Opsi Queue Mikrotik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s