Pemrograman di Linux

Tanks to http://komputasi.wordpress.com yang dan terima kasih

Ini bukan tutorial pemrograman…hanya info mengenai tool apa saja yang ada di Linux kalo mau masuk ke dunia pemrograman, dunia serba sulit bagi pekerja IT. Mengapa ini ditulis? Banyak yang bilang, “Nggak mau ah pake Linux, susah pemrogramannya…masak cuma C dan PHP”. Moga yang lagi baca ini nggak termasuk yang ngomong begitu.🙂

Sebenarnya, di Linux banyak banget bahasa pemrograman dan pendukung lainnya seperti database server dan IDE, bahkan banyak banget yang gratis, sayang banyak orang Indonesia malas mencari tahu…sebagian besar hanya tertarik menjadi penunggu turunnya Informasi atau perintah.

Seingat saya, walau pun belum pernah coba semua (gilaa apa coba semua development tools), ada bahasa-bahasa berikut:

1. Free Pascal, jadi nggak perlu pake Turbo Pascal lagi, perintah-perintahnya persis sama. Download aja di http://freepascal.org
2. GCC dan G++, inilah compiler C dan C++ yang sangat mendunia dan tua di Unix (Linux, FreeBSD dan marga *Nix lainnya). Biasanya sudah terinstal, atau kalo belum bagi g++, jika menggunakan paket Fedora (termasuk Redhat, CentOS), SuSE, Debian (yang full, atau Ubuntu dengan Repo), silakan langsung diupdate.
3. Shell programming, kayak batch file di DOS tapi jauh lebih lengkap.
4. Python, Perl, Ruby, ini sudah umum di Linux…yang terakhir memang masih kurang penggunanya. Python dan Perl banyak digunakan untuk mengadmnistrasi sistem, termasuk bikin Mail Server, Bandwitdh management, network management, dll.

itu tool untuk pengembangan aplikasi teks, ada yang lain…cuma kurang ngetop atau saya nggak ingat🙂

Kalo untuk aplikasi grafis, bisa pake:

5. Gambas, VB-nya Linux
6. Lazarus, Delphi under Linux. Download di http://lazarus.freepascal.org. Dulu ada Kylix, keluaran borland tapi nggak update dan kayaknya dah mati.

Aa yang lain? untuk pemrograman GUI juga bisa pake Python yang dipadukan dengan GTK atau C++ dengan library QT. Pokoknya banyak pilihan, tapi dua yang terakhir perlu jiwa heroik dikit🙂. Mau pake PHP bikin aplikasi grafis juga bisa, padukan dengan GTK.

Ada bahasa lain yang belum disebut, yaitu Java dan PHP. PHP banyak digunakan untuk membangun aplikasi web karena simple, termasuk kemudahan konek ke database, apalagi ke MySQL. Ada juga Perl untuk web, tapi kurang ngetop sejak ada PHP.

Kalo Java? itu mash serba bisa, mau teks based OK, grafis jalan, web juga bisa. Kalo teks, pemrogramannya lebih sederhana. Kalo grarif pakai library Swing tapi tetap agak repot. Gampangin pake IDE Eclipse atau Netbeans yang keduanya gratis…tis…tis. Kalo untuk web, hasilnya dapat applet, servlet atau script JSP (ini juga diterjemahkan ke servlet saat eksekusi).

Gilee khan? iya, di Linux tuh lengkap banget. Kalo database server yang ngetop itu MySQL yang sangat cepat dan mudah digunaan. Ada juga PostGreSQL yang sedikit lebih sulit tapi super lengkap..kalo dilengkapin🙂. Ada database dari Oracle, namanya BerkeleyDB, versi Embeddenya masalah free dan langsung dapat disatukan ke dalam program Java. Oh ya..kalo tertarik dengan dot Net juga ada, namanya Mono.

Ayo…saatnya beralih ke software Free dan Open Source.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s