Arti Kata Indonesia

gw merasa malu, sudah setua ini(17+)  masih belum tahu juga arti kata dari nama negara kita indonesia tercinta. setelah cari ke google dengan keyword “Arti Kata Indonesia” akhirnya nemu juga  akhirnya……..!!

Kata Indonesia pertama kali di ciptakan yaitu George Samuel Windsor Earl, seorang pengacara kelahiran London, yang bersama James Richardson Logan, Seorang pengacara kelahiran Scotlandia Mereka menamakan penduduk India-Belanda bagian barat yang berasal Proto-Malaya (Melayu tua) dan Deutero-Malaya (Melayu muda), sebagai Indunesians (Indu, bahasa Latin, artinya: India; Nesia, asal katanya adalah nesos, bahasa Yunani, artinya: kepulauan). Sedangkan penduduk di wilayah India-Belanda bagian timur masuk ke dalam kategori Melanesians (Mela = hitam. Melanesia = kepulauan orang-orang hitam) .Sejak dahulu hingga sekarang, para ilmuwan Eropa lebih senang menggunakan istilah/kata bahasa Latin atau Yunani untuk penamaan hal-hal yang sehubungan dengan ilmiah, demikian juga untuk menamakan ras penduduk di wilayah Malaya dan India Belanda bagian barat.
Eduard Douwes Dekker, dalam bukunya “Max Havelaar” menyebut India-Belanda dengan nama Insulinde, variasi bahasa Belanda untuk Kepulauan India. Ketika Indische Partij (Partai India) yang didirikan oleh keponakannya dilarang oleh Pemerintah India Belanda tahun 1913, para anggotanya mendirikan Partai Insulinde.

Selengkapnya

About these ads

7 thoughts on “Arti Kata Indonesia

  1. Tidak sembarangan leluhur memberikan nama negara ini, lalu tidak sembarangan pula leluhur mensahkan merah putih untuk negara ini. Asal muasal boleh saja pendapatnya dari mana-mana. Entah dari si A di Eropa atau si B di Hindia, atau si C dari Cina. atau dari mana pun asal kata ini. Yang pasti, Indonesia, berarti In do ning sia. Silahkan saudara cari arti kata-perkata ini dalam bahasa sangsekerta atau bahasa tua lainnya yang ada di tanah jawa ini.

    Dahulu pulau jawa adalah satu, hingga terpisah menjadi beberapa pulau setelah berabad-abad, lalu disatukan kembali oleh majapahit dgn nama Nusantara. Tahu tidak zaman apakah waktu pertama kali pulau jawa ini masih satu? Lalu kita semua ini adalah turunannya dari nenek moyang kita dahulu kala. Terserah anda mau percaya kepada siapa. Yang pasti anda yang di pulau jawa ini adalah keturunan orang pulau jawa.

    • Indu, bahasa Latin, artinya: India;
      Nesia, asal katanya adalah nesos, bahasa Yunani, artinya: kepulauan
      kalo INDO sendiri saya kurang tahun

      kalo mba apri ingat sejarah ada kata “indisce partij” atau Hindia Belanda……. negara kita memang seperti negara india, coba lihat sebelum adanya islam, agamanya juga berasal dari india sono. sample hindu dan budha CIIWM

  2. indonesia berasal dari bahasa latin,
    indos dan nomos
    indos artinya hindu (hindia)
    nomos artinya kepulauan.
    jadi indonesia adalah kepulauan hindu. karena banyaknya kerajaan-kerajaan hindu pd waktu itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s